Social Icons

Sabtu, 29 Maret 2014

Rapat Penyusunan Kurikulum dan Silabus

Sambutan oleh Kapusdiklat Teknis Peradilan
Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung R.I Ny.Siti Nurdjanah, pada Rabu, 26 Maret 2014 secara resmi membuka Rapat Penyusunan Kurikulum dan Silabus yang dihadiri Kapusdiklat Teknis Peradilan serta beberapa Pejabat Eselon dan sejumlah Hakim Yustisial pada Pusdiklat Teknis Peradilan.
Rapat Penyusunan Kurikulum dan Silabus (Kursil) yang diselenggarakan di Park Hotel, Jakarta berlangsung selama 2 hari (26-28 Maret 2014) telah menghasilkan beberapa point penting sebagai acuan dasar pelaksanaan kegiatan diklat pada Pusdiklat Teknis Peradilan.
Point penting yang dihasilkan antara lain terbagi dalam 2 cakupan yaitu terkait dengan format kurikulum dan Substansi kurikulum.
Para Hakim Yustisial serius ikuti Rapat Penyusunan Kurikulum

Format kurikulum / silabus dimaksud bersinggungan dengan teknik penyusunan Kursil, yakni mengenai bagaimana suatu kurikulum disusun dan dibuat. Pada segmen ini, Pusdiklat Teknis Peradilan telah mengundang Oka Pramadyanto dan Maliki sebagai narasumber dari Lembaga Administrasi Negara (LAN). Kehadiran kedua narasumber tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam teknik penyusunan kursil yang berstandar LAN. Hal ini penting mengingat Pusdiklat Teknis Peradilan saat ini tengah berupaya memeroleh status Akreditasi. Sementara, Kurikulum merupakan salah satu komponen persyaratan akreditasi yang mendapat penilaian.
Narasumber dari LAN tengah memberikan pemaparan
Adapun point penting lain yang mencakup substansi kurikulum bersinggungan dengan materi kurikulum yang akan menjadi acuan Program Diklat 2014. Pada segmen ini terdapat beberapa Program Diklat baru yang belum pernah diselenggarakan oleh Pusdiklat Teknis Peradilan sebelumnya. Program Diklat baru tersebut antara lain terdapat pada Peradilan Militer dengan Program Pendidikan dan Pelatihan Calon Hakim Militer. Pelaksanaan Program Diklat ini hampir dipastikan mengadopsi dari Program Pendidikan dan Pelatihan Calon Hakim yang pernah dilaksanakan sebelumnya di lingkungan Peradilan Umum, Agama dan TUN.
Ibu Kapusdiklat Menpim dampingi Ibu Kepala Balitbang Diklat Kumdil
Pada Peradilan Umum terdapat beberapa mata Program Diklat baru antara lain Diklat Narkotika, Komputer Forensik, dan Peradilan Anak.
Sementara pada Diklat Calon Wakil Ketua Pengadilan, Pusdiklat Teknis Peradilan akan bekerja sama dengan Pusdiklat Menpim mengingat pada diklat tersebut terdapat titik singgung yang sama. Meski demikian, baik Pusdiklat Teknis Peradilan maupun Pusdiklat Menpim masing-masing mempunyai domain yang berbeda. Pusdiklat Teknis Peradilan lebih memfokuskan pada aspek teknis yudisial sementara aspek Managerial menjadi titik fokus Pusdiklat Menpim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Komentar Tamu

Recent Comments Widget

Mengenai Saya

Foto saya

Bekerja di Balitbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung R.I tepatnya di unit kerja Pusdiklat Teknis Hukum Peradilan. Gagasan membuat website sederhana ini adalah upaya untuk memberikan informasi yang lebih mendalam tentang aktivitas DiklatTeknis Peradilan.