Social Icons

Senin, 07 April 2014

Teknik Penyusunan Kurikulum Berbasis Kompetensi (Habis)

VI. Diagram alir proses pembelajaran

Gambarkan langkah-langkah kegiatan dalam proses pembelajaran yang dimulai dengan pembukaan dan seterusnya sampai dengan penutupan. Proses tersebut dapat digambarkan seperti model berikut: 
Contoh Diagram Alir Proses Pembelajaran


VII. Garis-Garis Besar Program Pembelajaran (GBPP)
Susun GBPP yang berisi komponen-komponen sebagai berikut:
1.   Materi pembelajaran
Tuliskan judul materi pelatihan/mata ajaran/pokok bahasan, baik yang menyangkut sikap atau ketrampilan yang dilatihkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
2.   Alokasi waktu
Tuliskan waktu dari masing-masing materi pembelajaran mengacu pada struktur program.
3.   Tujuan pembelajaran
Tuliskan tujuan pembelajaran dimana tujuan tersebut merupakan arah yang harus dicapai setelah sesi materi berakhir.
Tujuan Pembelajaran Umum (TPU) yaitu menggambarkan kompetensi yang harus dapat dicapai peserta setelah selesai mengikuti sesi materi.
-  Tujuan Pembelajaran Khusus (TPK) yaitu merupakan uraian secara spesifik, dapat diukur, dan menggambarkan hasil yang dapat diamati dari tahapan kompetensi untuk mencapai tujuan pembelajaran umum.          

Cara penulisan menggunakan rumusan ABCD sebagai berikut :
A    (Audience/ adanya subyek yang belajar) : peserta …
B    (Behaviour/ menggunakan kata kerja operasional yang mengacu pada TAKSONOMI BLOOM)
C (Condition/ kondisi yang dicapai pada akhir sesi) : program kesehatan kerja di lingkungan kerjanya …
D    (Degree/ tingkat kualitas dan atau kuantitas kemampuan) : secara tepat sesuai kaidah yang berlaku. Perhatikan bahwa rumus ABCD tidak selalu harus lengkap, bisa cukup dengan ABC saja.
4.   Pokok Bahasan dan atau Sub Pokok Bahasan
Tuliskan pokok bahasan dan atau sub pokok bahasan dengan mengacu pada tujuan pembelajaran. Karena itu pokok bahasan dan atau sub pokok bahasan tersebut harus mendukung tercapainya tujuan pembelajaran.
5.   Metode pembelajaran
Pilih dan tuliskan metode pembelajaran yang akan digunakan dimana dalam proses learning pemilihan metode harus lebih banyak memberikan kesempatan kepada peserta untuk berperan lebih aktif. Metode pembelajaran adalah cara-cara dan teknik komunikasi dan interaksi yang digunakan oleh fasilitator/pelatih dalam menyampaikan materi pembelajaran dan dalam melaksanakan proses pembelajaran.
Pemilihan dan penggunaan metode disesuaikan dengan:
1) Pendekatan pelatihan yang digunakan.
2) Tujuan pembelajaran yang ditetapkan dalam GBPP.
3) Alokasi waktu yang telah ditentukan.
4) Kemampuan pelatih dalam menggunakan metode pembelajaran.
5) Tingkat kemampuan peserta dalam mengikuti pelatihan.
6) Besarnya kelompok sasaran yang mengikuti kegiatan pelatihan.
Metode pembelajaran yang digunakan pada pelatihan didalam kelas antara lain yaitu:

  • Ceramah singkat/presentasi
  • Curah pendapat
  • Diskusi
  • Studi kasus
  • Simulasi
  • Role play
  • Demonstrasi
  • Permainan/game
  • Latihan/exercise
  • Coaching/fasilitasi/pembimbingan
  • Praktik model
  • Seminar/semiloka/lokakarya
6.   Media pembelajaran
Pilih dan tuliskan media pembelajaran yang akan digunakan dalam proses pembelajaran.
Media pembelajaran adalah seperangkat benda/alat yang berfungsi dan digunakan sebagai “pembantu” fasilitator/pelatih dalam komunikasi dan interaksi suatu proses pembelajaran dengan tujuan untuk mempermudah dan mempercepat proses penyampaian materi pembelajaran kepada peserta latih. Media merupakan alat bantu dalam proses pembelajaran (di dalam kelas dan di luar kelas) dalam bentuk non fisik (software) yang mengandung ‘pesan’ di dalamnya (isi materi pembelajaran).
Pemilihan dan penggunaan media pembelajaran disesuaikan dengan:
1)   Tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
2)   Kebutuhan proses pembelajaran dan juga kemampuan peserta latih.
3)   Kemampuan yang ada pada fasilitator/pelatih dalam menggunakan media pembelajaran
4)   Alokasi waktu Media pembelajaran yang digunakan pada pelatihan di dalam kelas antara lain sebagai berikut:

  • OHT
  • Software
  • Buku referensi
  • Modul
  • Panduan pelatihan (petunjuk diskusi/kasus/latihan/protap)
  • Film
  • Lembar balik
7.   Alat bantu pembelajaran
Pilih dan tuliskan alat pembelajaran yang akan digunakan dalam proses pembelajaran. Alat bantu pembelajaran adalah seperangkat benda/alat dalam bentuk fisik (hardware) yang dapat dilihat, didengar dan diraba oleh panca indera, yang digunakan oleh fasilitator/pelatih dalam menyampaikan materi pembelajaran.
Dalam memilih alat bantu pembelajaran perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut yaitu:
1)   Disesuaikan dengan tujuan pembelajaran.
2)   Disesuaikan dengan media pembelajaran yang digunakan.
3)   Menghasilkan efek pembelajaran yang lebih baik.
4)   Prinsip efektif dan efisien.
5)   Disesuaikan dengan kemampuan dari fasilitator/pelatih.
Alat bantu pembelajaran yang digunakan pada pelatihan di dalam kelas antara lain sebagai berikut:

  • Spidol
  • Transparan
  • LCD
  • OHP
  • White board
  • Komputer
  • Flip chart
8.   Referensi
Tuliskan daftar buku-buku atau sumber lainnya yang digunakan dalam menyusun materi pembelajaran.

GBPP dapat dituliskan dalam bentuk matriks seperti contoh  di bawah ini :


VIII.   Evaluasi pelatihan
Tuliskan evaluasi yang dilaksanakan.
Evaluasi adalah proses pengumpulan data yang sistematis untuk mengukur efektifitas program pelatihan. Evaluasi bertujuan untuk mengukur keberhasilan dan pencapaian tujuan pelatihan yang telah ditetapkan.
Manfaat evaluasi yaitu:

  • Memperoleh informasi tentang kualitas dan kuantitas pelaksanaan program pelatihan.
  • Mengetahui relevansi program pelatihan dengan kebutuhan institusi.
  • Membuka kemungkinan untuk memperbaiki dan menyesuaikan program pelatihan sesuai dengan perkembangan situasi dan kondisi.
  • Evaluasi dilakukan terhadap:
  • Peserta: evaluasi dilakukan untuk mengetahui hasil pembelajaran dari peserta.
Beberapa jenis evaluasi yang biasa dilakukan yaitu :
•  Evaluasi formatif: dirancang untuk memberikan informasi yang dapat digunakan pelatih untuk melakukan perbaikan. Biasa digunakan sebelum kelas berakhir, sehingga masih terdapat kesempatan untuk memperbaiki.
•  Evaluasi sumatif: digunakan pada akhir sesi pelatihan untuk kepentingan dalam menentukan atau penelitian terhadap efektivitas kurikulum dan perencanaan pelatihan.
• Portofolio: catatan, kumpulan hasil karya peserta latih yang didokumentasikan secara baik dan teratur. Dapat berbentuk tugas, jawaban peserta atas pertanyaan fasilitator, catatan hasil observasi fasilitator dan laporan kegiatan peserta.
Dalam proses learning maka jenis evaluasi yang sering digunakan adalah jenis portofolio.

  • Fasilitator/pelatih: evaluasi dilakukan untuk mengetahui kemampuan fasilitator/pelatih dalam menyampaikan materi pembelajaran sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.
  • Penyelenggara: evaluasi dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan administrasi pelatihan.
Contoh:
• Berikan kasus simulasi.
• Pengamatan terhadap kegiatan simulasi.
• Catat perilaku peserta selama simulasi.
• Hasil observasi dianalisis dan dipresentasikan
IX. Sertifikasi
Tuliskan sertifikasi yang akan diberikan kepada peserta yang telah mengikuti pelatihan yang terakreditasi serta memenuhi ketentuan yang berlaku.
Contoh:
Peserta yang telah mengikuti pelatihan kesehatan kerja ini sekurang-kurangnya 90% dari alokasi waktu pelatihan dan dinyatakan berhasil menurut hasil evaluasi belajar, mendapatkan 2 (dua) angka kredit.
Demikianlah uraian singkat tentang Teknik Penyusunan Kurikulum Berbasis Komptensi yang bersumber dari berbagai artikel atau makalah. Semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat.

Terimakasih….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Komentar Tamu

Recent Comments Widget